10 Cara Kelola Stres Akibat di-PHK Saat Pandemi Corona


Newspaper - Untuk menekan penyebaran Virus Corona, pemerintah telah memberlakukan aturan kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja atau stay at home, agar tak terjadi kerumunan orang. Kegiatan bekerja, belajar, beribadah dan aktivitas lainnya pun mau tak mau harus dilakukan hanya di dalam rumah saja.

Akibat kebijakan dan peraturan yang ditetapkan, banyak perusahaan harus ditutup. COVID-19 sendiri telah memberi dampak besar pada ekonomi yang mengarah ke resesi global. Dampak COVID-19 pada perekonomian telah menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Akibat perekonomian dunia yang tak berjalan dengan baik hingga menjadi kacau, perusahaan kecil dan besar di banyak negara tidak punya pilihan selain memberhentikan karyawan karena gangguan ekonomi besar-besaran.

Kehilangan pekerjaan bisa sangat menegangkan sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri, rasa aman, dan kehilangan identitas profesional seseorang. Wajar bagi mereka yang di PHK merasa marah, terluka, atau tertekan karena semua yang telah diraih hilang dalam sekejap karena COVID-19 ini.

Tak sedikit pula orang-orang yang merasa cemas tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan waktu dan metode penanganan yang benar, kamu dapat mengatasi masa sulit seperti sekarang ini dan mengurangi Stres dan kecemasanmu.

Baca terus untuk mengetahui cara-cara mengelola Stres akibat kehilangan pekerjaan yang AkuratHealth lansir dari Boldsky.

1. Kendalikan emosimu

Kamu harus memberi dirimu waktu untuk memahami mengapa PHK terjadi dan bagaimana kamu bisa keluar dari ancaman ini. Jika PHK itu tidak terduga, Kamu mungkin merasa kesal, kaget, dan kecewa dengan situasinya.

Kamu mungkin merasa bingung dan tidak yakin tentang masa depan. Dalam hal ini, kamu mungkin mengalami banyak hal secara emosional, jadi berbicaralah dengan teman, keluarga, dan rekan kerja yang dekat denganmu karena ini akan membantu menenangkanmu dan merasa tidak terlalu cemas.

2. Jangan malu

Tidak ada yang perlu malu jika kamu kehilangan pekerjaan. Ingatlah bahwa kamu akan menemukan yang lain begitu situasinya menjadi normal. Perlu diingat bahwa kehilangan pekerjaan bukan masalah kegagalan pribadi tetapi karena kegagalan perusahaan untuk menyelamatkan karyawannya.

3. Berkomunikasi secara terbuka dengan yang dekat

Biarkan komunikasimu terbuka dengan pasangan, orangtua hingga anak-anakmu, ini akan membantumu mendapatkan dukungan dari orang-orang paling penting dalam hidupmu. Mereka akan membantumu mengatasi situasi krisis dan memberi ide tentang bagaimana melewati masa sulit ini.

4. Ingat bahwa kehilangan pekerjaan bersifat sementara

Kehilangan pekerjaan tidak permanen dan kamu tahu bahwa dirimu akan keluar dari situasi sulit ini dan melangkah maju dalam kariermu. Jangan membandingkan dirimu dengan teman kantormu yang tidak terkena PHK dan berpikir positif dengan percaya pada diri sendiri.

5. Hindari pikiran negatif

Habiskan waktu bersama orang-orang yang percaya padamu dan masa depanmu dan siapa yang akan membantu kamu secara positif. Hindari berbicara dengan orang negatif karena hal ini dapat merusak kesehatan mentalmu yang mengarah pada Stres, kecemasan, dan ketakutan. Sebaliknya, berbicaralah kepada mereka yang memberimu ide dan saran yang membangun.

6. Hadapi rasa takutmu

Kurangi kecemasan dan ketakutanmu dengan memikirkan sejenak apa yang paling kamu takuti dan mulailah bekerja untuk mengatasi rasa takut itu. Khawatir akan kehilangan pekerjaan hanya akan membuatmu jatuh. Bicaralah dengan keluarga atau temanmu tentang ketakutanmu sehingga Kamu bisa keluar darinya.

7. Jaga kesehatan

Untuk menghilangkan Stres, kegelisahan dan kesulitan tidur karena memikirkan PHK, maka olahraga, merasa rileks dan makan makanan yang seimbang. Gunakan waktu ekstramu untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang tidak dapat Kamu lakukan karena kesibukanmu saat bekerja.

Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Berfokuslah pada makanan bergizi agar kamu tetap sehat dan hindari mengonsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya karena akan menurunkan kesehatanmu. Cobalah melakukan beberapa latihan seperti latihan beban, berjalan, berlari, berenang atau menari untuk membuatmu tetap aktif secara fisik.

8. Tulis tentang perasaanmu

Bawalah buku catatan dan tuliskan semua yang Kamu rasakan tentang PHK, ini dapat mencakup hal-hal yang Kamu harap telah Kamu lakukan atau katakan kepada mantan manajermu. Menurunkan perasaan akan sedikit menurunkan Stres.

9. Jangan menyerah

Semoga di bulan-bulan mendatang ketika semuanya menjadi normal di luar pekerjaan akan meningkat dan Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bangkit kembali. Memiliki harapan bahwa Kamu akan bangkit dan bersinar lagi dalam kariermu dan akan memiliki prospek pekerjaan yang lebih baik.

10. Dapatkan bantuan profesional saat dibutuhkan

Jika Kamu merasa sangat sedih, cemas dan tertekan, yang mengganggu kehidupan normalmu, minta bantuan seorang profesional kesehatan mental.



Sumber : Akurat.co

Komentar